• sembako murah jogja

Tips Hemat Mencegah Gula Pasir Langka

Gula pasir langka di pasaran saat ini disebabkan salah satunya oleh pembatasan impor karena virus corona. Adanya permintaan yang besar terutama menjelang puasa tidak dibarengi dengan ketersediaan gula mengakibatkan harga melambung tinggi.

Untuk mengatasinya, sebagian pedagang dan produsen menerapkan pembatasan pembelian agar gula pasir tidak menjadi semakin langka. Saat ini harga gula pasir di pasaran telah mencapai Rp.17.000,- s.d. Rp.18.000,- dari yang awalnya Rp.12.500,-.

Kelangkaan juga diperparah karena terjadinya panic buying masyarakat akibat isu virus corona. Padahal hal tersebut tidak perlu terjadi, karena dapat menimbulkan kelangkaan barang lainnya.

Untuk menjaga agar ketersediaan gula pasir di pasaran tetap stabil, sebaiknya masyarakat tidak panik dan membeli sesuai kebutuhan. Selain itu, tips dari AnoragaKu mungkin dapat kamu terapkan di rumah untuk menghemat penggunaan gula pasir.

Gula Pasir Langka

Tips Hemat Mencegah Gula Pasir Langka

1. Kurangi konsumsi minuman manis

Mengurangi minuman manis yang membutuhkan penambahan gula pasir tidak hanya menghemat penggunaan gula, namun juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Sebab, konsumsi gula berlebih disinyalir menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes dan obesitas.

2. Gunakan pemanis pengganti gula pasir

Pada makanan dan minuman tertentu, kamu bisa menggunakan pemanis pengganti seperti gula jawa atau madu. Namun sebaiknya juga gunakan secukupnya saja ya.

3. Simpan dengan benar

Agar gula pasir tidak dibuang percuma karena rusak, maka penyimpanannya harus diperhatikan. Simpan gula pasir pada toples yang kedap udara dan dijauhkan dari sinar matahari serta tempat yang lembab. Untuk menghindarkannya dari semut, kamu juga bisa membubuhkan beberapa cengkeh di dalamnya.

4. Mengganti cemilan manis dengan buah

Jika kamu suka membuat cemilan manis sendiri di rumah, sebaiknya kamu menggantinya dengan buah buahan. Selain menghemat gula, buah-buahan kaya serat yang baik untuk pencernaan kamu. Pencernaan yang baik nantinya juga akan berdampak baik untuk imunitas tubuhmu dalam menangkal virus corona.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan gula di rumah. Usaha kecil yang kita lakukan bersama-sama tentu saja bukan tidak mungkin akan berdampak bagi stabilitas pangan di negara kita. Maka cintailah diri kita, keluarga dan negara kita dengan bertindak tanpa teburu-buru.